Pertunjukan Karya Mutiara Dewi Fatimah, S.Sn., M.Sn.

Tanggal: 12 Juli 2024
Waktu  : 20.00 WIB
Lokasi  : Teater Kecil ISI Surakarta
Gratis!

"SINJANG" adalah sebuah karya seni pertunjukan yang diciptakan oleh Mutiara Dewi Fatimah, S.Sn., M.Sn., Karya Komposisi musik Sinjang menyentuh pada konsep metafisik yang menjadi teka-teki untuk dipecahkan. Karya ini, menegaskan bahwa peran perempuan tidak hanya sekadar sebagai pelengkap dalam kehidupan sehari-hari, tetapi sebaliknya, mereka memiliki peran yang dominan sebagai leader, penjaga, pengayom dsb. Melalui pendekatan baru terhadap penyajian gamelan Sekaten, karya ini mengubah pandangan konvensional masyarakat tentang peran perempuan, karya ini menghadirkan sisi-sisi perempuan yang kuat dan berwibawa. Sinjang menggambarkan gamelan Sekaten dengan perspektif yang baru, menampilkan keanggunan perempuan dan keperkasaan yang melekat dalam wujud manusia. Proses penciptaan karya ini mempertimbangkan perpaduan warna dan emosi dalam komposisi instrumen musik.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan karya luar biasa ini dan nikmati malam penuh inspirasi dan keindahan. Sampai jumpa di Teater Kecil ISI Surakarta!

Kegiatan ini didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.